0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Incar Pasar Mancanegara

Solo —  PT Pertamina terus menggeber ekspansinya ke pasar internasional. Saking agresifnya, institusi pelat merah inipun telah membukukan aktivitas pemasaran produk pelumas ke 22 negara dalam empat tahun terakhir.

Menurut Sales Region IV Manager Lubricants PT Pertamina, Werry Prayogi, sejumlah negara yang menjadi tujuan ekspor tersebut, di antaranya Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Australia, Jepang dan Cina. Hanya saja untuk volume pengirimannya sendiri, sejauh ini belum terlampau besar.

“Pertamina memang sudah ekspor di 22 negara dalam empat tahun terakhir dengan volume belum begitu besar,” ujarnya, saat ditemui di sela-sela acara Penandatanganan Kerjasama Sritex Arena dan Pertamina, pekan ini.

Adapun untuk makin memperbesar pasar pelumas, sedianya PT Pertamina bakal melakukan ekspansi lagi ke kawasan Afrika. Werry Prayogi menyatakan, pada November 2012 mendatang perusahaan akan mencoba masuk ke pasar Afrika Selatan.

Sementara itu, penjualan pelumas Pertamina di dalam negeri sendiri sejauh ini telah mencapai 550 ribu kiloliter. Diakui Werry Prayogi, konsumsi terbesar ada di Pulau Jawa yang mencapai 60 persen dari total kebutuhan pasar di Indonesia.

Dengan penjualan sebanyak itu, Pertamina pun mengklaim menjadi market leader untuk produk pelumas dengan pangsa pasar sebesar 55 persen.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge