0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bumi Kahyangan Simpan Batu Mulia Eksotis

Batu mulia yang terimpan di Kahyangan. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Tak hanya nuansa alam asri yang ditawarkan obyek wisata Bumi Kahyangan, Tirtomoyo, Wonogiri. Eksotisme batu mulia dengan beragam jenisnya ternyata mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Sebut saja batu jenis galena, onyx, obsidian, kecubung, kristal, fosil, hingga batuan berwarna cerah transparan banyak berada di Kahyangan. Konsentrasi lokasinya di sepanjang aliran sungai dan beberapa tempat dekat goa-goa alam.

“Sering petani pas mencangkul lalu dapat batu mulia, kalau tidak ya pas mandi di sungai terus nemu batu,pokoknya disini banyak Mas, tapi tidak semua orang mengetahui keberadaannya, hanya orang-orang yang paham betul silsilah batuan yang tahu,” jelas Mbah Pawiro, perajin batu mulia warga Dusun Taman Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri, Jumat (26/10).

Batu-batu tersebut, lanjut Pawiro, ketika ditemukan masih dalam wujud bongkahan. Lantas untuk menaikkan nilai jual, diubahnya menjadi bermacam benda. Seperti akik, liontin, tasbih, cincin, gelang dan aneka aksoseris lain.

Namun ada beberapa batu mulia yang dibiarkan utuh tanpa adanya polesan sedikitpun. Biasanya ini berlaku bagi batu yang dari wujud aslinya sudah menyiratkan nilai keindahan. Tentu saja harganya lebih mahal.

“Tadi saya nawar yang kristal putih utuh 250 ribu tidak dikasih Mas, ya sudah ketimbang pulang dengan tangan hampa saya beli yang liontin saja, murah 45 ribu sudah dapat,” tutur Eri Fitriani, salah seorang pengunjung Bumi Kahyangan.

Melimpahnya kandungan batu mulia di Kahyangan, menurut Pawiro, membuat kesejahteraan warga kian meningkat. Pasalnya banyak warga yang kini memiliki usaha sampingan menjual dagangan aneka batu mulia. Dan hingga sekarang masih banyak pula wisatawan yang menggemarinya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge