0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Sediakan 150 Kupon Pengambilan Daging Kurban

Pemotongan hewan kurban di Pemkot Solo, Jumat (26/10). (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Kesibukan penyembelihan hewan qurban di berbagai masjid setelah Sholat Idul Adha tak jauh berbeda dengan suasana kesibukan yang terjadi di Masjid Baitul Hikmah halaman Pemkot Surakarta. Puluhan sukarelawan ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak muda, pelajar mengiris-iris daging. Irisan daging itu kemudian  ditimbang dan dimasukkan ke dalam kantong platik bening.

“Ini tenaga sukarela dari lingkungan Pemkot. Tetapi kami juga berkoordinasi dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Solo untuk membantu aktivitas penyembelihan,” ujar Mulyono, staf Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Solo, Jumat (26/10).

Tahun ini, lanjut Mulyono, terkumpul 7 sapi dan 28 kambing untuk dibagikan ke masyarakat. Dari jumlah itu, semua kambing diberikan ke masyarakat dalam bentuk masih utuh hewan kurban. Sedangkan untuk sapi, 3 sapi dibagikan utuh sementara yang 4 disembelih sendiri oleh panitia.

“28 kambing dan 3 sapi diambil sendiri oleh masyarakat sesuai permohonan proposal mereka. Penerimanya beragam mulai dari masjid, sekolahan, panti asuhan dan kelompok masyarakat lainnya. Jadi saat diambil masih hidup, mereka yang akan menyembelihnya sendiri,” terang Mulyono yang menjadi koordinator penyembelihan ini.

Sementara, 4 sapi yang disembelih panitia akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan lingkungan Pemkot. ” Kami siapkan 750 kantong daging. 550 diantaranya untuk ke lingkungan Pemkot sesuai permintaan yang masuk. Soalnya SKPD kan juga ada yang mengajukan permohonan daging, misalnya untuk tenaga cleaning servis mereka. Sisanya untuk masyarakat yang datang sekitar 200 kantong daging. Saat ini sudah disediakan 150 kupon pengambilan,” tuturnya.

Hewan qurban yang terkumpul tersebut merupakan qurban dari berbagai pihak antarlain PT Telkom telkom 1kambing, Bank Solo 1kambing, Iuran pns 26 kambing. Sementara untuk sapi,  PDAM 1 sapi, Bank Jateng 1sapi , APBD 1sapi, iuran PNS 4 sapi. “Yang banyak memang dari iuran pns,” tukas Mulyono.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge