0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Camat Tangen Bantah Ada Pungli RTLH

(dok.timlo.net/agung)

Sragen — Pemberitaan di media tentang dana Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Tangen, Sragen yang dipungli dan salah sasaran dibantah keras oleh Camat Tangen, Djoko Darsono. Menurut Joko, dana RTLH stimulan sebesar Rp 4.000.000 setiap rumah tersebut sampai saat ini belum diserahkan ke masyarakat penerima RTLH.

“Bagaimana bisa dikatakan dipungli, diserahkan saja belum,” kata Camat Djoko Darsono, melalui Kabag Humas Setda Sragen, Totok Sutrisnanto, Kamis (25/10).

Menurut Djoko, saat ini program perbaikan RTLH masih dalam proses pembuatan proposal dan pembukaan rekening di BRI. Terkait adanya indikasi pungutan sebesar Rp 100.000 per penerima dana RTLH yang dilakukan oleh perangkat desa Katelan, Djoko menjelaskan, dana sebesar itu menurut rencana akan digunakan untuk biaya kelengkapan perabot, berupa pembuatan proposal dan SPJ serta biaya penutupan rekening di BRI yang memang dibebankan kepada calon penerima.

Sedangkan untuk menindaklanjuti indikasi pungutan liar tersebut pihak kecamatan juga telah mengarahkan, untuk mengembalikan dana Rp 100.000 kepada masyarakat calon penerima bedah rumah yang telah membayar. Untuk selanjutnya masyarakat calon penerima agar membiayai sendiri pembuatan proposal serta penggandaannya, pembelian materai serta pembukaan rekening BRI.

Djoko juga menjelaskan, mengenai pemberitaan bantuan terhadap keluarga Joko Sunaryo yang dibatalkan secara sepihak. Menurut Djoko, keluarga Joko Sunaryo memang masuk dalam data usulan untuk mendapat bantuan perbaikan RTLH dan telah dimintai data administrasi sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Namun setelah dilakukan verifikasi oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sragen, rumah Joko ternyata tidak masuk dalam kriteria RTLH. Karena rumah tersebut terbuat dari tembok kotangan. Karena masih dalam tahap verifikasi dana RTLH dialihkan kepada keluarga Samidi, yang rumahnya termasuk kriteria RTLH.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge