0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Idul Adha 1433 Hijriyah

Festival Obor Meriahkan Malam Takbiran di Klaten

Festival obor malam takbiran Idul Adha 1433 Hijriyah di Kecamatan Delanggu, Klaten, Kamis (25/10). (Foto Ilustrasi). (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Ratusan masyarakat Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten memadati Lapangan Merdeka Delanggu, Kamis (25/10) malam. Mereka ingin melihat dari dekat festival obor dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriyah.

Ada sebanyak 34 regu peserta lomba takbir yang digelar oleh panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Delanggu. Mereka merupakan perwakilan dari sejumlah sekolah baik SMP, SMA, SMK negeri dan swasta serta desa-desa  se-Kecamatan Delanggu.

“Lomba takbir keliling ini mengambil rute sekitar 3 kilometer mulai dari start di Lapangan Meredeka hingga mengelilingi kota Delanggu dan kembali ke finish di Lapangan  Merdeka,” ujar Ketua Panitia, Waliman saat ditemui disela kegiatan, Kamis (25/10) malam.

Waliman menjelasan, pemenang lomba takbir keliling beregu ini diambil juara I, II, III dan juara harapan I. Pemenang akan mendapatkan uang pembinaan dan tropy Camat Delanggu.

“Adapun kriteria pemenang lomba yakni kreatifitas, kedisiplinan, kekompakan barisan serta lafal takbir seperti tajwid, lagu dan fashohah,” ujar Waliman.

Waliman mengatakan, pemenang kejuaraan akan dimumumkan saat pelaksanaan Sholat Idul Adha, Jumat (26/10). Sedangkan penyerahan piala dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2012.

“Kegiatan ini digelar atas kerjasama antara PHBI, KUA Delanggu dan muspika Kecamatan Delanggu. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dilakukan para aktivis mushola dan masjid serta sekolah-sekolah di wilayah Delanggu,” ujar Waliman.

Untuk tahun 2012, kata Waliman, lomba takbir keliling ini merupakan yang pertama kali digelar. Namun demikian kegiatan yang sama akan digelar di tahun-tahun mendatang pada momen yang sama.

“Masyarakat menyambut antusias kegiatan lomba ini. Untuk itu kedepan akan terus digelar dan tentunya akan lebih meriah,” kata Waliman.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge