0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

992 Warga Sragen Terima Santunan Kematian

Sragen – Warga miskin Sragen yang akan memperoleh santunan atau uang duka cita semakin bertambah. Sebelumnya jumlah warga yang memperoleh santunan sebanyak 549 jiwa. Tetapi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Sragen, santunan duka cita ditambah sebanyak 992 jiwa.

“Sehingga warga miskin di Kabupaten Sragen yang akan menerima santunan duka cita adalah sebanyak 1.541 jiwa,” kata Kepala Seksi Pelayanan Sosial dan Ekonomi, Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen, Suratno ketika ditemui wartawan, belum lama ini.

Suratno menjelaskan, besarnya uang duka cita untuk masing-masing jiwa adalah Rp 500.000. Mereka yang menerima santunan duka cita adalah keluarga yang salah satu anggotanya meninggal dunia dan keluarga itu tercatat sebagai warga miskin. Jika data mereka masuk dalam data warga miskin dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), keluarga langsung ditetapkan sebagai warga yang berhak menerima santunan duka cita.

Tetapi jika mereka tidak masuk dalam data TNP2K, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan survei ke lapangan. Jika hasil survei menyatakan mereka masuk dalam kategori warga miskin, akan dimasukkan dalam daftar penerima santunan. Dari 549 warga yang awalnya diusulkan sebagai penerima santunan, ungkapnya, 257 warga tercatat sebagai warga miskin versi TNP2K yang telah mendapatkan santunan duka cita.

“Sisanya, 71 warga dinyatakan tidak layak menerima santunan karena setelah disurvei, ada yang ternyata masuk kategori warga mampu, ada juga yang bukan warga Sragen. Selebihnya, 221 warga miskin yang tidak masuk data TNP2K kini sedang memasuki  tahap pencairan,” terang Suratno.

Sementara tambahan sebanyak 992 warga miskin yang dianggarkan di APBD Perubahan, adalah warga yang anggota keluarganya meninggal pada rentang waktu 1 Januari-Agustus 2012.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge