0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengasah Keterampilan Sejak SD

Sejumlah siswa SDN Tambakboyo, Tawangsari, Sukoharjo membuat kerjainan dari bahan sederhana dalam acara Ulang Tahun Taman Balekambang, Solo, Kamis (25/10). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Kreativitas anak-anak sekolah dasar (SD) dalam membuat kreasi dari berbagai macam bahan seperti pelepah pisang, enceng gondok dan koran bekas juga ikut ditampilkan dalam acara hari ulang tahun Taman Balaikambang ke-91. Anak-anak yang berasal dari SDN Tambakboyo 3, Tawangsari, Sukoharjo tersebut dengan lihai mempraktikkan buatan tangannya di stan mereka. Mulai dari kerajinan vas bunga ukuran besar, tempat tisu dan miniatur alat transportasi.

Kepala SDN Tambakboyo 3, Tri Hastuti mengatakan, ketrampilan tersebut merupakan bagian dari ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah tersebut. Disamping itu juga sebagai bekal untuk mengasah ketrampilan anak didiknya saat dirinya dewasa nanti. “Kegiatan ini merupakan bekal mereka untuk masa depannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Haryono salah seorang pengajar ekstrakulikuler di sekolah tersebut menjelaskan bahwa ide awalnya dirinya tertarik mengajakan ilmunya tersebut karena melihat banyaknya pengangguran di daerahnya. Berawal dari situlah dia bertekad mengajukan diri ke pihak sekolah untuk diberi kesempatan mengajari para anak-tersebut membuat ketrampilan.

“Saya sangat tergugah dengan nasib mereka apabila lima sampai sepuluh tahun mendatang tidak mendapatkan pekerjaan,” ujarnya, Kamis (25/10).

Dirinya juga mengatakan, bahwa melalui ketrampilan yang diajarkan kepada anak-anak tersebut diharapkan mereka bisa mengembangkan ketrampilan yang berawal dari bahan-bahan sederhana tersebut. Dari pengembangan tersebut pasti ketrampilan yang saat ini masih dipandang sebelah mata akan menghasilkan karya seni yang bernilai jual dan dihargai lebih tinggi.

“Mungkin saat ini bahannya masih sebatas pelepah pisang, koran bekas dan enceng gondok. Namun siapa yang tahu kreatifitas anak-anak ini nantinya bisa mengembangkan karya ini ketingkat yang lebih tinggi lagi,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge