0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sendratari Ramayana Butuh Investor

Anoman diobong, dalam pentas sendratari di Taman Balekambang (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sendratari Ramayana yang setiap sebulan sekali dipentaskan di Teater Terbuka Taman Balekambang, Solo, saat ini mulai banyak diminati dan telah mempunyai penonton tetap setiap kali dipentaskan. Saat digelar, hampir tidak ada ruang tersisa untuk penonton yang datang terlambat untuk menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Balekambang, Endang Srimurniyati Sendratari Ramayanamengatakan, sejak kali pertama digelar sendratari ini mempunyai segmentasi penonton tersendiri. Sehingga, mereka tidak akan pernah melewatkan pementasan yang diadakan setiap Jumat malam bulan purnama tersebut.

“Sendratari Ramayana ini telah mmepunyai penggemar dan segmentasinya sendiri,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Taman Balekambang, Kamis (25/10).

Disinggung tentang usaha ke depan sendratari tersebut dirinya mengungkapkan, bahwa untuk saat ini dirinya sedang menawarkan pengelolaan sendratari tersebut ke pihak swasta yang berminat untuk mengelolanya. Disamping telah mempunyai penggemar tersendiri, nantinya pihak swasta juga akan mendapatkan keuntungan karena sendratari ramayana yang merupakan ikon Balekambang tersebut telah banyak dikenal.

“Saya sudah melakukan penawaran dengan beberapa pihak swasta untuk mengelola sendratari ramayana balaikambang, tentunya dengan aturan dan kesepakatan kedua belah pihak,” terangnya.

Dirinya beranggapan bahwa apabila sendratari tersebut telah dikelola pihak swasta nantinya para seniman dan sanggar seni akan lebih hidup dari saat ini. Disamping itu, alokasi dana yang biasanya dialirkan untuk pementasan sendratari juga bisa untuk mengembangkan kesenian lain yang ada di Kota Bengawan ini.

“Kalau sudah ada pihak swasta kan nantinya para seniman dan sanggar akan lebih tercukupi lagi dan karya mereka lebih terapresiasi,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge