0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tampil Meriah, Tari 1000 Rusa Korbankan Jam Sekolah

Tari Rusa oleh pelajar SD di kota Solo (timlo.net - dhefi)

Solo – Sekitar 1000 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Solo menari rusa saat tampil pada acara pembukaan Pasar Seni dan Budaya HUT Balekambang ke-91. Pagelaran seni dan budaya tersebut diselenggarakan mulai Kamis (25/10) hingga Minggu (28/10) di Taman Balekambang.

Menggunakan kostum serba kuning cerah, mereka kelihatan lebih indah dipadu dengan gerakan yang serarsi. Apalagi, alunan musik yang diputar dari pengeras suara sangat serasi dengan gerakan anak-anak berusia belia tersebut.

Hanya, penampilan mereka harus mengorbankan waktu efektif belajarnya disekolah. Para siswa melakukan performing tarian rusa pada saat hari efektif belajar sedang berlangsung.

Atas hal tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang, Endang Sri Murniati berdalih kalau 1000 siswa yang menari rusa di Taman Balekambang sudah mendapatkan ijin dari sekolah masing-masing. “Kami sudah bikinkan ijin, kebetulan mereka baru habis Ujian Tengah Semester (UTS). Kemarin yang mengkoordinir dari Sanggar Ekasanti,” katanya kepada wartawan usai pembukaan.

Menurutnya, penampilan siswa yang berasal dari 20 SD di Kota Solo tersebut untuk memeriahkan pekan seni Balekambang. Disamping itu, mereka diharapkan juga bisa mencintai seni tradisi yang ada di Kota Solo.

Sementara, Koordinator acara Pekan Seni dan Budaya HUT Balekambang, Aris Saputro, menyebutkan, performance budaya dalam event ini dengan berbagai macam kegiatan. “Tiap hari ada hiburan, baik dari komunitas, akademisi dan dari sanggar seni yang ada di Solo,” katanya.

Selain itu, terdapat pameran seni yang berada di depan Kantor UPTD Balekambang. Pengunjung juga bisa dimanjakan dengan keberadaan bazar di dalam kompleks Taman Balekambnag selama acara berlangsung. Banyak hidangan kuliner, jajanan khas dan oleh-oleh serta cinderamata yang bisa didapatkan di sana.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge