0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD: Tuntaskan Kasus Kunker Lurah Solo ke Jakarta

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Supriyanto (Dok.Timo.net/Daryono)

Solo — Kalangan legislatif Solo mendesak Inspektorat mengecek surat perintah perjalanan dinas (SPPD) kunjungan kerja (Kunker) para lurah dan camat ke Jakarta Barat, baru-baru ini. Hal ini menyusul hadirnya lurah dan camat dalam pelantikan Gubernur DKI Jokowi di Gedung DPRD DKI Jakarta.

SPPD dianggap sebagai bukti kunci dari masalah indisiplioner puluhan PNS yang mendatangi acara bersejarah tersebut. Pasalnya, dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) disebutkan jika puluhan PNS itu akan melakukan Kunker, bukan mendatangi pelantikan Jokowi.

“Sebenarnya masalah ini bisa dirunut dari SPPD-nya. Di sana tertulis Kunker atau menghadiri pelantikan? Dari situ bisa ditelusuri surat itu siapa juga yang mengeluarkan,” kata Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, Kamis (25/10),

Politisi Partai Demokrat ini menilai jika langkah Pemkot dalam menyelesaikan masalah ini terkesan diulur-ulur. Pihaknya meminta agar eksekutif segera bergerak mencari bukti dan membuktikan apakah kecurigaan pemanfaatan fasilitas negara itu benar-benar terjadi. Tahapan klarifikasi dan verifikasi masalah menjadi tugas dari Inspektorat.

“Jadi, kami harap Pemkot bisa bergerak cepat. Jangan sampai makin berlarut-larut dan panjang,” ujarnya.

Selain itu, Supriyanto juga meminta Sekda sebagai Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa memanggil dan mengklarifikasi semua lurah dan camat yang mengikuti kegiatan Kunker itu. “Kok saya belum pernah mendengar jika Sekda memanggil para PNS itu ya? Kami harap semuanya bisa segera ditindaklanjuti,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge