0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Segera Keruk Sungai-sungai di Solo

Wakil Ketua DPRD Surakarta, Supriyanto (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Memasuki musim hujan, kalangan DPRD Solo meminta dinas terkait untuk segera melakukan antisipasi dengan melakukan pengerukan sedimentasi di sejumlah sungai. Pasalnya, pengadaan backhoe untuk pengerukan sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan 2012.

Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto mengatakan pihaknya mengharapkan November ini pengerukan sudah dilakukan. “Melihat proses yang berjalan 1 bulan ini mestinya proses pengadaan sudah selesai. Sehingga bulan depan tinggal action untuk pengerukannya sudah bisa dilakukan,” kata Supriyanto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/10).

Pengerukan sedimentasi tersebut dinilai Supriyanto mendesak untuk segera dilakukan. Menurutnya sungai-sungai yang perlu dilakukan pengerukan antaralain kali Gajah Putih, Kali Anyar, Kali Jenes, dan Kali Pepe. “Saya sering lewat Kali Gajah Putih. Saya lihat sedimentasinya sudah cukup tebal,” terangnya.

Ditambahkan, backhoe yang nantinya digunakan dapat di-standbykan di tanggul sungai sehinggga dapat digunakan sewaktu-waktu. Secara teknis juga sudah memungkinkan karena sudah dibuat jalur antara dasar sungai dengan tanggul untuk dilewati backhoe.

Guna memastikan sudah selesainya proses pengadaan backhoe, Supriyanto mencoba menghubungi Kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Agus Djoko Witiarso. Hanya saja nomor HP yang bersangkutan sedang tidak aktif.

Sebagai informasi, DPRD Solo menganggarkan pembelian 2 backhoe dalam APBD Perubahan yang sudah digedok Agustus lalu. Backhoe itu akan digunakan untuk mengatasi pendangkalan sungai dengan dilakukan pengerukan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge