0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Siswa SMA/SMK Dibekali Pelatihan Enterpreneurship

Humas PMS, Sumartono Hadinoto (dua dari kiri), bersama dengan Sekda kota Solo Budhi Suharto (tiga dari kiri), dan Founder Care for Nation (dua dari kanan) (timlo.net - dhefi)

Solo – Penanaman nilai-nilai enterpreneurship pada usia muda sangat diperlukan. Dengan ditanamkannya sejak dini, diharapkan bisa mencetak pengusaha muda yang mandiri dan profesional.

Sekitar 1200 pelajar SMA/SMK di Kota Solo dikumpulkan untuk mendapatkan pelatihan enterpreneurship dari pakar enterpreneur James Gwee. Acara yang digawangi lembaga Care for Nation bekerja sama dengan Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) tersebut merupakan pelatihan secara langsung kepada siswa bagaimana cara agar mereka bisa mandiri.

“Saat ini persaingan dunia usaha kan sangat berat, susah untuk mendapat kerja. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa membuka peluang untuk bisa hidup mandiri,” kata Humas PMS, Sumartono Hadinoto kepada wartawan, Kamis (25/10) di sela-sela acara.

Tak hanya menjalani pelatihan saja, peserta yang beruntung bisa mendapatkan modal usaha. “Kami mengajak beberapa pengusaha di Solo untuk berpartisipasi untuk kemajuan anak bangsa. Bagi peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan modal usaha yang bisa diimplementasikan,” terang Sumartono.

Secara teknis, peserta menjalani tiga jenjang pelatihan untuk bisa menduduki peringkat puncak. Pelatihan pertama, mereka diajari pola-pola khusus yang sudah dicapai oleh orang-orang sukses dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari tahap ini, dilakukan seleksi untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Pada tahap kedua, peserta akan mendapatkan konsep dasar wirausaha selama 4 minggu. Seperti yang disampaikan oleh Founder for the Nation, Cecilia. Dalam tahap ini, menurutnya peserta membuat rencana bisnis yang selanjutnya bisa diaplikasikan. “Peserta juga diajari bagaimana cara mempersiapkan modal kerja yang serius,” terang Cecilia.

Selanjutnya, pada tahap ketiga peserta mendapatkan pendampingan selama 4 minggu bagaimana bisa mengaplikasikan semua ilmu yang didapatkan untuk diterapkan secara serius.

Di satu sisi, Pemkot Solo memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto mendukung adanya upaya pelatihan enterpreneur kepada siswa agar siap menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge