0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perayaan Idul Adha 1433 H

H-1, Kesehatan Hewan Kurban Klaten Diperiksa

Petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Sehari menjelang perayaan Idul Adha 1433 Hijriyah, petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban di sejumlah lokasi penampungan, Kamis (25/10).

Pantauan Timlo.net di lokasi penampungan sapi di daerah Gergunung, Klaten Utara, petugas mengawasi secara teliti mulai dari kondisi fisik hewan seperti bulu, gigi, lidah dan mata sapi.

Dalam pemeriksaan itu, dari seratusan sapi yang diperiksa, petugas tidak menemukan ternak yang terindikasi berpenyakit berbahaya. Setelah dinyatakan sehat, petugas kemudian memberikan surat keterangan sehat bagi sapi yang hendak dikirim ke lokasi penyembelihan.

“Pemeriksaan sapi ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya sapi yang terindikasi berpenyakit berbahaya namun tetap dijadikan hewan kurban,” ujar Kasie Kesehatan Hewan, Bagian Kesehatan Masyarakat dan Veteriner Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Klaten, Awik Purwanti, disela pemeriksaan, Kamis (25/10).

Pengawasan terhadap hewan kurban akan terus dilakukan petugas hingga saat penyembelihan pada Hari Raya Idul Adha 26 Oktober 2012. Sebanyak 5 tim diturunkan untuk mengawasi lokasi penyembelihan di sebanyak 26 kecamatan di Klaten.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge