0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wayang Beber Hibur Penonton Balekambang

Wayang beber tampil dalam perayaan HUT Balekambang je-91 (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Perpaduan tiga kesenian antara lain tari, musik dan dalang disajikan oleh kelompok kesenian Omah Budaya dalam peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Balekambang ke 91, Kamis (15/10). Dengan menyuguhkan wayang beber sebagai sajiaun utamanya diiringi tembang dari musik bambu serta tiga penari klasik membuat pertunjukan tersebut memancing perhatian penonton.

Wayang beber atau yang disebut dengan Wayang Eling adalah wayang yang terbuat dari limbah kertas koran dan dibentuk menyerupai wayang. Dalam pementasannya tersebut mengangkat tokoh Hanoman saat ingin menjemput Dewi Sinta yang diculik  Rahwana.

Koordinator kelompok kesenian Omah Budaya, Irawan mengatakan, kelompoknya tersebut memang mengangkat unsur-unsur budaya, terutama di bidang musik, tari dan wayang. Wayang yang dihadirkannya pun tergolong unik. Sebab memanfaatkan limbah koran bekas untuk dijadikan wayang. “Wayang beber atau eling ini yang menjadi ikon utama tiap kami tampil,” ujarnya.

Menurutnya, diangkatnya wayang eling tersebut merupakan gambaran dari manusia yang cenderung membuaang sebuah barang yang tidak digunakan lagi. Padahal barang tersebut masih mempunyai niali seni dan kreasi apabila mendapatkan perhatian lebih. “Barang apapun itu, meskipun bersifat limbah apabila mendapat perhatian lebih akan menjadi bermanfaat,” ungkapnya.

Wayang beber dari kelompok kesenian Omah Budaya sendiri telah tampil di beberapa tempat. Salah satunya tampil di Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta dalam gelaran acara ‘World Musik’ yang diadakan bulan kemarin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge