0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anjing Ketularan Ngantuk Ketika Tuannya Ngantuk

Timlo.net — Kapan manusia kali pertama belajar mengekspresikan empati? Para psikolog sedang berusaha mencari jawaban dari pertanyaan ini. Tapi menurut para psikolog, manusia menunjukkan kemampuan berempati saat mereka ikut merasa mengantuk saat yang lain menguap.

Nah, ternyata dalam beberapa penemuan, anjing peliharaan pun ternyata menguap saat para pemilik mereka menguap. Apakah hal ini berarti mereka juga mampu menunjukkan empati?

Para peneliti kali pertama sampai pada kesimpulan bahwa “menguap yang menular” atau rasa kantuk yang menular pada orang lain setelah mereka melihat orang lain menguap, berhubungan dengan empati manusia. Hal ini mereka ketahui karena para bayi tidak menguap saat orang lain di sekitar mereka menguap.

Para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak belajar “menguap yang menular” ini saat mereka berusia empat tahun; usia di mana saat beberapa kemampuan kognitif seperti kemampuan membaca petunjuk-petunjuk emosi dari ekspresi wajah mulai berkembang, demikian dilansir dari boston.com.

Apakah mungkin bahwa anak-anak anjing mengalami hal yang sama? Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Animal Cognition menjawab ya. Para peneliti Swedia memiliki 35 anjing peliharaan biasa dari berbagai ras berusia 4 hingga 14 bulan dan meletakkan mereka di depan para pemilik untuk melihat apakah mereka akan merespon saat para pemilik pura-pura menguap.

Hasilnya para anjing di bawah tujuh bulan tidak merespon dengan cepat, mereka menunjukkan respon yang tertunda kadang-kadang setelah lima menit. Hampir setengah anak-anak anjing merespon para pemilik yang pura-pura menguap. Tapi anjing yang lebih tua tidak melakukannya.

Apakah hal ini berarti anjing, seperti manusia,mengembangkan empati seiring bertambahnya usia? Para peneliti mengatakan kecil kemungkinannya. Mereka ingin melihat bila penelitian-penelitian lain menyimpulkan hal yang sama seperti penemuan mereka.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge