0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pentas "Tidak Sekedar Tari" di TBJT

Aksara Jawa Tampil dalam Try Out Aksara Tubuh

Salah satu penampilan dalam pagelaran "Tidak Sekedar Tari" di TBJT (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dalam acara “Tidak Sekedar Tari” di Pendhapa Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan, Jebres, Solo, Rabu (23/10) ditampilkan karya dari Boby Ari Setiawan dari Solo yang diberi tema “Try Out Aksara Tubuh”. Dengan menghadirkan enam orang yang menarikan aksara-aksara Jawa diiringi suara-suara yang menghadirkan tanda tanya penonton, di antara suara radio tua dan juga jingle salah satu radio pemerintah.

Keterpaduan gerak antara penari yang membawakan aksara Jawa dalam penampilannya tersebut, merupakan eksplorasi dalam membawa aksara Jawa yang bersifat visual ke dalam ranah verbal melalui bahasa tubuh. Disamping itu, gerakan tarian juga merupakan perpaduan antara tarian tradisional yang telah diolah dan dicampur dengan tarian kontemporer.

Ditemui seusai pementasan, Boby mengatakan, karyanya tersebut masih dalam tahap eksplorasi, sebab masih ada tahap penyempurnaan untuk menggali huruf-huruf aksara Jawa tersebut. Dalam proses penggarapan karyanya itu, Boby  telah bereksplorasi hampir setengah tahun. Lamanya proses kreasi tersebut dikarenakan tiap penari harus benar-benar menguasai aksara Jawa dalam vocal maupun penulisan.

“Penggarapan karya ini sekitar setengah tahun dan ini masih memasuki tahapan eksplorasi,” ungkapnya.

Boby juga mengatakan, diangkatnya karya tersebut karena sudah jarangnya masyarakat Jawa yang mengenal aksara tersebut. Dirinya juga merasa seperti menemukan harta karun dalam penggarapan karyanya tersebut, karena dengan karya tersebut dirinya bisa lebih mendalami aksara-aksara Jawa yang notabennya merupakan warisan dari leluhur bangsa. “Saya sangat senang sekali bisa menemukan karya yang saya garap Ini,” pungkasnya.

Rencananya karyanya tersebut juga akan dipentaskan di empat kota di Malaysia, yaitu Penang, Ipoh, Malaka dan Kinabalu pada bulan depan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge