0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berkat SRI, Kehidupan Petani Meningkat

Bupati Agus Fatchur Rahman, usai melakukan panen perdana metode System of Rice Intensification (SRI), di Kecamatan Gondang, Rabu (24/10). (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Sistem tanam padi dengan menggunakan teknologi System of Rice Intensification (SRI) dipandang cukup ampuh meningkatkan taraf hidup petani. Karena dengan menggunakan SRI ini akan menghemat biaya yang dikeluarkan petani dan meningkatkan hasil panen. Kalau pada pola pertanian biasa, setiap hektar sawah rata-rata hanya menghasilkan sekitar 10 ton, tetapi dengan teknologi SRI bisa menghasilkan rata-rata 13 ton padi per hektarnya.

“Kita melihat model cara tanam dengan SRI ini akan bermanfaat kepada masyarakat karena akan menghemat benih, menghemat pupuk anorganik yang digunakan petani,” kata Bupati Agus Fatchur Rahman, ketika ditemui wartawan usai melakukan panen perdana padi teknologi SRI, di Kecamatan Gondang, Sragen, Rabu (24/10) pagi.

Bupati mengungkapkan, teknologi SRI tersebut telah diterapkan di area sawah seluas 500 hektar yang ada di 7 kecamatan dan 13 desa, dengan melibatkan 13 kelompok tani. Dengan Teknologi SRI ini, Kabupaten Sragen diharapkan  bisa memenuhi kebutuhan pangan di Jawa Tengah, mengingat Sragen adalah sebagai lumbung padi nomor 2 setelah Cilacap. Penerapan teknologi SRI di lahan persawahan di Desa Gondang ini telah membuktikan dapat meningkatkan hasil panen.

Untuk itu bupati mengharapkan agar metode SRI ini dapat dilakukan secara terus menerus. Bagi para kelompok tani yang ada di 13 desa yang telah menguasai tentang metode tersebut juga diharapkan untuk menyebarkan informasi kepada petani lainnya yang belum mengetahui metode SRI.

“Saya melihat kerja sama di kelompok tani ini di 13 desa itu baik, artinya desiminasi ilmu cara bertani ini bisa diserap oleh masyarakat secara partisipatif. Bahwa dengan model baru ini mereka akan menikmati panen dan pemeliharaannya jadi lebih gampang,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge