0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gawat! Merapi Hembuskan 3 Kali Asap Sulfatara Pekat

Gunung Merapi mulai mengeluarkan asap sulfatara pekat (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Gunung Merapi kembali menghembuskan gas sulfatara dengan intensitas sangat tinggi. Gas sulfatara ini menghembus setinggi 100 meter dan terjadi sebanyak 3 kali dalam seharian ini, Rabu (24/10). Hembusan gas sulfatara ini mengakibatkan hujan abu di lereng sebelah barat laut Gunung Merapi. Meski begitu, angin yang berhembus sangat kencang memungkinkan abu tidak sampai ke pemukiman warga.

Meski tidak sampai ke pemukiman warga, namun hembusan asap sulfatara tersebut sempat membuat panik. Pasalnya, merunut pada erupsi Merapi 2010 lalu, sebelum meletus, Merapi terus mengeluarkan asap sulfatara yang sangat pekat.

“Tadi pagi pas lihat sempat khawatir juga, apalagi kan sekarang ini kharakteristik Merapi berubah ubah,” ungkap Anggota Jalin Merapi, Mujiyanto, Rabu (24/10), ditemui di Boyolali.

Jalin sendiri memantau dua kali hembusan asap sulfatara yang membumbung ke atas dengan ketinggian 100 meter. Hembusan tersebut terlihat sebanya dua kali, pertama terjadi pukul 05.55 WIB dan 06.15 WIB. “Tadi asapnya terlihat sangat pekat sekali,dua kali yang kami pantau,” ungkap Mujiyanto yang meminta masyarakat Lereng Merapi untuk tetap tenang dan waspada.

Di sisi lain, Petugas Urusan Gunung Merapi, Jrakah, Selo, Tri Mujianto, pihaknya memonitor adanya hembusan gas sulfatara dari puncak gunung. hembusan itu mengakibatkan keluarnya asap sulfatara sangat pekat. Hanya saja untuk mengetahui penyebabnya, pihaknya belum melakukanya.

“Belum tahu, kita masih menunggu dari Yogja,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge