0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akibat Banyak Ikannya Mati

Dewan: Petani Karamba Waduk Cengklik Perlu Dibantu

Ikan di karamba Waduk Cengklik banyak yang mati akibat keracunan endapan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Boyolali diminta untuk segera melakukan upaya guna menekan angka kematian ikan di karamba Waduk Cengklik, Ngemplak. Pasalnya, kematian ikan nila di karamba Waduk Cengklik hampir setiap tahun terjadi terutama memasuki musim penghujan.

Seperti diungkapkan Anggota Fraksi Nurani Partai Golkar DPRD Boyolali, Agus Ali Rosidi, kematian ikan di karamba Waduk Cengklik mestinya bisa diantisipasi sejak ini. Mengingat kematian ini merupakan masalah klasik yang terjadi diawal musim penghujan. Karena itu masalah klasik, Disnakan dan Petani karamba bisa duduk bersama untuk menemukan solusi mengatasi masalah itu.

“Ini kan masalah klasik yang muncul diawal musim penghujan, mestinya bisa diselesaikan dan dicarikan solusi, bagaimana pemecahanya, “ ungkap Agus Ali ditemui di DPRD Boyolali, Rabu (24/10).

Disamping itu, Disnakan juga diminta untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi, untuk mengantisipasi sendimentasi endapan dan sisa pakan di Waduk.”Segera lakukan koordinasi dengan PSDA Provinsi, karena kan pengelola waduk adalah PSDA,” tambahnya.

Agus Ali Rosidi juga meminta agar Disnakan menganggarkan di APBD untuk bantuan bagi petani karamba yang ikanya mati. Bantuan tersebut bisa membantu petani untuk bangkit kembali setelah ribuan ikan karamba mati akibat keracunan endapan



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge