0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Kunci Sukses Perekonomian Daerah

Sekretaris Tim Pengarah TPID Kota Surakarta, Doni P Joewono (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Sinergisitas perdagangan antarkabupaten/kota diyakini bakal mendukung moncernya perekonomian daerah. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan sistem informasi harga, mengingat terbentuknya harga yang wajar merupakan syarat tercapainya stabilitas harga.

Adapun guna mendukung terbentuknya harga yang wajar, Sekretaris Tim Pengarah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Surakarta, Doni P Joewono, menyatakan perlu adanya sistem informasi harga yang mudah diakses masyarakat.

“Jika sistem informasi harga sudah diimplementasikan oleh semua daerah dapat meningkatkan arus perdagangan antardaerah. Sebab pelaku ekonomi dapat dengan cepat mengetahui harga di daerah mana yang menarik untuk menjual barangnya,” terang Doni P Joewono, saat memberikan sambutan dalam acara ‘Pertemuan Koordinasi TPID Surakarta-Tegal-Malang’, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Rabu (24/10).

Bagi suatu daerah, datangnya pasokan dari daerah lain akan membuat suplai meningkat dan harganya akan turun mendekati level harga di daerah lainnya. Dengan adanya arus perdagangan antardaerah yang efektif dan efisien, menurut Doni, akan menghasilkan keseimbangan suplai dan permintaan. Sehingga mampu mengurangi disparitas harga secara spasial dan meminimalisasi fluktuasi harga.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge