0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disnakkan Sragen Temukan 14 Hewan Kurban Tak Layak

Tim Disnakkan memeriksa hewan kurban (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Sragen menemukan 14 hewan yang tidak layak untuk dijadikan sebagai kurban. Keempat belas hewan tersebut terdiri dari 13 kambing dan seekor sapi. Dalam pemeriksaan yang dilakukan sejak Selasa (23/10) ke berbagai kandang hewan, tim juga melakukan pemeriksaan terhadap tubuh hewan, baik kambing ataupun sapi.

Setidaknya ada 2 kecamatan yang didatangi tim Disnakkan, yaitu Karangmalang dan Sragen Kota. Di Karangmalang, tim melakukan pemeriksaan terhadap 98 ekor kambing dan 12 ekor sapi. Sedangkan di Kecamatan Sragen, tim melakukan pemeriksaan terhadap 209 kambing.

“Hasil pemeriksaan semua hewan dinyatakan dalam keadaan sehat,” kata Kabid Kesehatan Hewan Disnakkan Sragen, Mulyani.

Hanya saja, kata Mulyani, 14 hewan yang dinyatakan tidak layak untuk dijadikan korban tersebut bukan karena dilihat dari segi kesehatan, melainkan dari segi belum cukup umur atau berusia di bawah satu tahun. Karena yang disyaratkan menurut syariat (hukum) Islam adalah jika sudah berumur lebih dari satu tahun atau gigi sudah poel (telah tumbuh gigi baru, setelah gigi yang lama lepas).

“Mengenai gigi itu belum poel atau masih di bawah satu tahun. Jadi secara syariat Islam belum bisa untuk dijadikan hewan kurban,” kata Nanik, panggilan akrab Mulyani kepada wartawan, Rabu (24/10).

Mulyani menjelaskan, pemeriksaan terhadap hewan kurban ini telah dilakukan sejak 16 Oktober di 11 kecamatan di antaranya Sragen, Karangmalang, Sidoharjo, Masaran, Kalijambe, Sambungmacan, Kedawung, Sambirejo, Jenar, Plupuh dan Sunberlawang.

Selain jadual tersebut pemeriksaan juga akan terus dilakukan  menjelang  H-2 hingga H+2. Selain itu tiap kecamatan juga dilaksanakan pemeriksaan hewan kurban pada H-7 sampai H+2, yang dilaksanakan oleh mantri hewan UPTD beserta stafnya. Pada hari H, rencananya petugas kabupaten juga akan melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban di berbagai kecamatan.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge