0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Penetapan APBD, Pemkot Solo Harus Kerja Keras

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDIP Solo, YF Soekasno (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Kalangan DPRD Solo mengharapkan APBD 2013 sudah dapat ditetapkan pada pertengahan Desember 2012 nanti. DPRD yakin target tersebut bisa dicapai, jika proses yang dijalankan pemkot berlangsung tepat waktu. Namun jika meleset, maka predikat Wajar Tanpa Pegeculian (WTP) yang didapat pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) APBD 2011 tidak akan lagi diraih.

“Pertengahan Desember nanti RAPBD 2013 harus sudah bisa ditetapkan. Kalau lebih dari Desember, ya dipastkan kita tidak akan mendapat WTP (wajar tanpa pengecualian) lagi,” ungkap Ketua DPRD Solo YF Sukasno, Rabu(24/10) di Ruang Kerjanya.

Menurut Soekasno, semestinya mengacu pada aturan, KUA-PPAS sudah diserahkan ke DPRD pada Juni lalu. Namun hal itu tidak bisa dilakukan lantaran beberapa hal. “Apalagi APBD Perubahan 2012 saja baru ditetapkan pada Agustus kemarin,” lanjutnya.

Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa Pemkot Solo masih punya waktu untuk mengejar tahapan perencanaan APBD 2013 tersebut agar dapat diselesaikan sebelum memasuki awal tahun 2013.

Sukasno berharap, pada akhir bulan ini dokumen KUA PPAS sudah berada di meja DPRD dan bisa segera dilakukan pembahasan. “Jika akhir Oktober ini sudah masuk maka pertengahan Desember RAPBD sudah bisa ditetapkan menjadi APBD 2013,” tegasnya.

Agar semua berjalan dengan lancar, pihaknya pun terus melakukan komunikasi dengan pemkot Solo. Menurutnya, dalam hal ini pemkot memang harus bekerja keras. Jangan sampai penetapan APBD 2013 nanti melebihi akhir Desember 2012. Sebab jika itu terjadi, maka berarti predikat WTP yang sudah dipegang Solo selama dua tahun lalu berturut-turut akan hilang.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Solo Supriyanto mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatnya, dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyebutkan jika KUA-PPAS 2013 akan diserahkan pada 1 November 2012 nanti. “Informasinya seperti itu kemarin. Ya semoga saja tidak meleset,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge