0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Investor Jakarta Lirik Revitalisasi Pasar Jongke

Desain Pasar Induk Jongke (Dok.Ist)

Solo — Satu lagi investor asal ibukota negara, Jakarta terpikat untuk menanamkan modalnya di Kota Solo. Setelah baru-baru ini beberapa pemilik modal asal DKI menyatakan ketertarikannya membangun sejumlah obyek vital Kota Bengawan, kini giliran investor tersebut yang dikabarkan berniat merevitalisasi Pasar Jongke.

Hal itu diungkapkan anggota Badan Promosi Pariwisata Surakarta (BPPIS), Bambang Ary Wibowo kepada wartawan, di sekretariat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Solo, Selasa (23/10). Hanya saja, pihaknya masih enggan menyebut nama investor yang dikabarkan memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu pengusaha lokal di Kota Solo.

Pemilik modal tersebut, menurut Bambang Ary, berhasrat bisa ‘menyulap’ pasar tradisional menjadi pasar modern dengan menyiapkan dana investasi sebesar Rp 25 miliar hingga Rp 30 miliar.

“Memang antara konsep yang dia bawa dengan konsep di sini (pemerintah kota) agak berbeda. Di sini lebih ke pasar induk, sementara konsep yang dibawa investor itu akan jadi pusat grosir, khususnya tekstil dan batik,” terangnya.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat sedianya akan digelar pertemuan antara pemilik modal tersebut dengan pemerintah Kota Solo. Dalam hal ini melibatkan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT), Dinas Pengelola Pasar serta sejumlah institusi terkait.

“6 November 2012 nanti kami akan lakukan pertemuan. Harapannya ada titik temu, sehingga bisa sangat menguntungkan karena di sisi Barat belum ada pusat perdagangan. Dengan begitu, tidak semuanya bertumpu pada posisi Timur (Klewer, Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo),” papar Bambang Ary.

Pemerintah Kota Solo sendiri sebelumnya memang telah berupaya mengembangkan kawasan bagian Barat-Selatan. Salah satunya dengan membangun Pasar Induk Jongke dengan nilai investasi sebesar Rp 24,8 miliar. Pasar ini didesain dua lantai serta dilengkapi fasilitas area bongkar muat, zona kuliner, zona pasar oleh-oleh, zona pasar cinderamata dan ruang pamer.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge