0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir Pekan, Okupansi Hotel Solo Kurang Moncer

SOLO PARAGON-Suasana di The Coral Restaurant Solo Paragon Hotel and Residences (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Okupansi alias tingkat hunian kamar hotel berbintang di Kota Solo, khususnya di akhir pekan, sejauh ini masih terbilang kurang moncer. Pada saat itu, okupansi hanya tercatat sekira 50 persen saja, jauh lebih rendah ketimbang hari-hari efektif kerja.

Sebagaimana diakui General Manager The Sunan Hotel Solo, Dicky Sumarsono, tingkat keterisian hotel di Kota Bengawan cenderung turun tiap kali akhir pekan. Jika pada Senin hingga Jumat okupansi bisa berkisar antara 76 persen hingga 80 persen, namun khusus pada Sabtu dan Minggu okupansi hanya mampu tembus di kisaran 50 persen saja.

“Tiap kali weekend (akhir pekan –Red) memang cenderung drop (jatuh). Solo memang belum seperti Bali, Bandung dan Yogyakarta yang selalu ramai karena menawarkan paket-paket yang menarik, sehingga okupansinya saat libur bisa tinggi,” kata Dicky Sumarsono kepada wartawan, di hotel setempat, Selasa (23/10).

Sejauh ini tingginya okupansi hotel berbintang masih disumbang dari banyaknya aktivitas meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) yang dihelat di Kota Bengawan. Sementara kontribusi dari tamu berlibur, diakui Dicky masih relatif kecil.

“Harapannya kita tidak hanya mengandalkan dari MICE saja karena ke depan kebijakan pasti akan berubah, maka market (pasar) harus heterogen. Untuk itu, promosi Solo ke luar harus lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Di lain pihak, rendahnya okupansi akhir pekan turut diakui pula oleh manajemen Solo Paragon Hotel and Residences. Menurut marketing and communication coordinator hotel setempat, Nicky Olivia, pada Sabtu dan Minggu okupansi hanya sekira 50 persen saja.

Capaian ini jauh lebih rendah ketimbang okupansi pada hari-hari reguler, yakni Senin hingga Jumat yang bisa menembus di atas 80 persen. Khusus pada hari-hari tersebut, tamu yang menginap pada umumnya merupakan rombongan dari peserta MICE. Sementara di akhir pekan cenderung didominasi tamu individual.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge