0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-gara Hadiri Pelantikan Gubernur Jokowi

Uang Saku Kunker Lurah dan Camat Solo Dipotong

Kepala Inspektur Kantor Inspektorat Daerah Solo, Untara (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Biaya kunjungan kerja (Kunker) sejumlah Lurah dan Camat Kota Solo ke Jakarta Barat pada 15-16 Oktober lalu bakal dipotong. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Kantor Inspektorat Daerah Kota Solo, Untara kepada wartawan, Selasa (23/10).

Kebijakan tersebut diambil setelah melakukan klarifikasi kepada sejumlah Lurah dan Camat yang menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI Jakarta lalu. Sedianya, mereka melakukan Kunker ke Kecamatan Tambora, Jakarta Barat selama dua hari. Namun karena hari pertama (15/10) tidak ada kegiatan karena jadwal yang diundur, mereka memutuskan untuk mengisi kekosongan jadwal dengan menghadiri pelantikan Jokowi.

Untara sendiri mengaku sedang mempelajari aturan-aturan yang ada untuk memberikan sanksi kepada mereka apabila terbukti melanggar Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). “Kami kaji. Kemungkinan yang satu hari (15 Oktober) akan kami perintahkan untuk dikembalikan,” katanya kepada wartawan, Selasa (23/10).

Pengembalian yang dimaksud meliputi uang makan, biaya transport lokal dan uang saku dalam satu hari. Hanya saja, berapa nominal uang yang harus dikembalikan oleh para Lurah dan Camat belum bisa dijelaskannya.

Pihaknya sendiri saat ini baru memerintahkan kepada mereka untuk membuat Laporan Pertanggung jawaban (LPj) perjalanan dinas tersebut. Pemotongan uang saku sendiri dilakukan saat pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM). Besarnya pemotongan dilihat berdasarkan pangkat dan golongan. “Kalau jumlahnya kami belum tahu. Akan kami perhitungkan. Tapi kurang dari satu juta, antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 700 ribu,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge