0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yuli: Hati-hati Mengonsumsi Hati Sapi!

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo, Yuli Dwi Irianto (dok.timlo.net/sahid b dutanto)

Sukoharjo — Meski dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sukoharjo belum menemukan hewan kurban yang mengidap penyakit berbahaya, namun Dispertan merasa perlu mensosialisasikan ternak yang mengidap cacing hati.

Pasalnya, hewan yang mengidap cacing hati tidak terlihat kecacatan secara fisik. Cacing yang dimaksud berada dalam hati di organ dalam sapi. Sehingga masyarakat di harapkan dapat menghindari memakan hati sapi yang mengandung cacing tersebut.

“Cacing hati meski tidak terlalu berbahaya namun perlu diwaspadai agar tidak dimakan oleh manusia. Keberadaan cacing hati dapat diketahui ketika membelah hati sapi. Diharapkan masyarakat mengerti dan hati-hati sebelum memasak hati sapi kurban. Harus benar-benar dibersihkan,” ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo, Yuli Dwi Irianto, Selasa (23/10).

Kebanyakan, sapi yang tidak secara teratur mengonsumsi obat cacing khusus sapi, mengidap cacing hati. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi hati sapi, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu.

“Jika peternaknya rajin dan teratur memberikan obat cacing, pasti sapi tidak mengidap cacing hati. Kami harap masyarakat hati-hati sebelum mengonsumsi. Lebih baik jika yang mengandung cacing untuk dibuang, dan tidak dikonsumsi. Sementara untuk kambing, rata-rata menderita beleken karena stres berpindah-pindah tempat. Beleken kambing dapat diobati dengan tes mata,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge