0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Masalah Kulit yang Umum Terjadi dan Cara Menanganinya

(Ilustrasi) Teratur mencuci muka penting untuk mengatasi jerawat. (Dok:Timlo.net/dreamcaremedical.com)

Timlo.net — Berbagai persoalan yang terjadi dalam hidup kita ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kulit kita dan membuat kita mengalami masalah-masalah kulit seperti jerawat, kulit merah dan keriput. Nah, apa penyebab berbagai masalah kulit tersebut dan cara mengatasinya?

Jerawat

“Saat Anda sedang stress, otak Anda mengirim pesan-pesan ke kelenjar adrenal, yang mengeluarkan hormon-hormon yang meningkatkan produksi minyak di kulit,” kata Jeannette Graf, MD, seorang ahli dermatologi di Great Neck, New York. “Minyak berlebih ini akan berinteraksi dengan bakteri alami kulit sehingga menghasilkan jerawat,” terang Jeannette Graf.

Carilah produk-produk yang mengurangi produksi minyak seperti sabun berbahan asam glycolic. Kita juga harus mengatur pola makan kita. “Makanan tinggi lemak atau gula halus membuat reaksi radang bahkan menjadi lebih buruk,” kata Dr. Graf.

Kita juga bisa melakukan sebuah kegiatan pintar: Berolahraga. “Endorfin yang dikeluarkan saat kita berolahraga bisa menurunkan hormon stress dalam tubuh Anda,” jelas Dr. Graf.

Kulit kemerahan

Punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan? “Bahkan tingkat stress yang rendah bisa menyebabkan pembuluh darah di wajah Anda untuk terbuka, mengubah corak kulit Anda,” kata Richard Fried, MD, seorang ahli dermatologi di Yardley, Pennsylvania, Amerika dilansir dari health.com. Merasa panik hanya akan menambah parah masalah kulit Anda. Cobalah menenangkan diri dengan melakukan yoga atau meditasi.

Cobalah produk yang mengandung licorice atau chromolume.

Kerut wajah

Sementara satu hari yang super sibuk tidak akan membuat kulit wajah berkerut, menjadi super stress secara terus menerus mempercepat tanda-tanda penuaan. “Saat berada di bawah tekanan, tubuh melepas kortisol, sebuah hormon yang menyerang kolagen, bertanggung jawab untuk menjaga kulit kita tetap kencang,” kata Dr.Fried.

Sebuah solusi yang bisa kita lakukan adalah tidur cukup. “Saat kita tidur, tubuh akan melepas melatonin, sebuah hormon yang menghambat pelepasan kortisol,”kata Dr. Fried.

Tentu saja mencoba produk-produk pencegah keriput dengan SPF bisa membantu mengatasi masalah.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge