0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkop Resmikan Koperasi Pusur Lestari

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarifuddin Hasan (tiga dari kiri) didampingi Wakil Bupati Klaten Sri Hartini saat meresmikan Koperasi Pusur Lestari (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop & UKM), Syarifuddin Hasan, dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh, Muhammad Yunus, meresmikan Koperasi Layanan Pengembangan Agribisnis (LPA) Pusur Lestari, di Lapangan Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Selasa (23/10).

Koperasi LPA Pusur Lestari merupakan koperasi serba usaha yang didirikan para petani dan pegiat pertanian di kawasan sub daerah aliran Sungai Pusur. Kelahiran koperasi ini merupakan keluaran program Sustainable Livelihood in Pusurwatershed (SLIP) yang didanai oleh Danone Ecosystem yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tirta Investama (TI), Klaten.

Chief Operating Officer Danone Aqua, Charlie Cappetti, mengatakan Koperasi Pusur Lestari adalah badan usaha yang beranggotakan para petani dari Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Dengan adanya koperasi LPA Pusur Lestari yang berlokasi di Desa Tlobong, Delanggu ini sekaligus mengenalkan kepada masyarakat luas tentang fungsi koperasi dalam pengembangan usaha produktif.

“Koperasi ini mendorong petani untuk menjalankan praktek-praktek kegiatan usahatani yang ramah lingkungan. Selain itu menyediakan berbagai jasa layanan untuk pengembangan usaha produktif masyarakat dan menguatkan kelembagaan petani dengan kemampuan dalam pengembangan usaha produktif dan akses pasar,” ujarnya.

Menurut Menkop Syarifuddin Hasan, dengan berbagai program yang diluncurkan PT TI maka diharapkan akan membantu kesejahteraan hidup masyarakat. Untuk itu, PT TI harus menunjukkan komitmennya dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

“Dengan lahirnya Koperasi Pusur Lestari ini berarti menambah jumlah koperasi di wilayah Klaten yang saat ini menjadi 561 koperasi,” ujar Syarifuddin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge