0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-gara Tak Ada Hujan

Ratusan Hektar Padi dan Kedelai di Wonogiri Puso

Lahan padi yang puso di Sidoharjo, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Tak adanya guyuran hujan berpengaruh besar terhadap lahan tanaman padi di Wonogiri. Sebanyak ratusan hektar lahan tanaman padi dan kedelai diketahui puso.

Rinciannya, tanaman padi yang mengalami puso seluas 194 hektar, tersebar di Kecamatan Jatisrono, Sidoharjo dan Girimarto. Sedangkan kedelai ada 20 hektar puso di Kecamatan Kismantoro.

Disamping itu masih ada lahan padi seluas 300-an hektar maupun 53 hektar kedelai yang terancam puso. Sebarannya sama seperti yang telah puso yakni di wilayah Wonogiri sisi timur.

“Kalau yang di wilayah selatan yang terdampak kekeringan malah terbebas dari puso, sebab tidak ada tanaman padi atau kedelainya, yang ada jagung, kacang, dan ketela pohon,” terang Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DispertanTPH) Wonogiri, Sending Sutardi saat dijumpai di lokasi panen raya padi di Desa Pule, Selogiri, Selasa (23/10).

Meski ada ratusan hektar padi dan kedelai yang telah puso dan terancam puso, menurut Sending,  jumlah tersebut tidak terlalu signifikan. Pasalnya hanya berkisar 2 persen dari total lahan pertanian padi dan kedelai di Wonogiri yang mencapai puluhan ribu hektar.

“Kalau yang terancam puso harapannya bisa terselamatkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera turun hujan,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge