0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Baterai BlackBerry Tak Cepat Habis? Ikuti 5 Langkah Ini!

BlackBerry. (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.net — Apakah Anda ingin supaya baterai BlackBerry Anda tidak cepat habis?  BlackBerry dikenal sebagai smartphone yang memiliki kualitas baterai yang bagus. Tapi daya tahan baterai untuk beberapa model BlackBerry telah dikurangi.  Misalnya BlackBerry Bold 9900 memiliki baterai 1230mAh, padahal pendahulunya Bold 9700 memiliki baterai 1500mAh.

Jadi, jika Anda menemukan bahwa baterai BlackBerry Anda terutama versi Bold 9900, Bold 9930 atau versi lain yang menggunakan OS 7, Anda bisa mencoba tips-tips berikut, dilansir dari crackberry.com:

1. Gunakan dan aktifkan Wi-Fi bila tersedia, matikan bila tidak ada Wi-Fi

Wi-Fi kelihatannya membuat baterai di BlackBerry versi baru seperti Bold 9900/9930 lebih boros. Memang menggunakan jaringan Wi-Fi lebih menghemat baterai dibandingkan menggunakan jaringan Internet dari operator seluler kita. Tapi bila tidak ada jaringan Wi-Fi tersedia, energi baterai Anda akan terbuang sia-sia.

Untuk mematikan WiFi

-Klik pada area Network Settings di home screen

-Klik uncheck pada Wi-Fi (untuk menghidupkan WiFi ulangi proses ini tapi klik check pada kotak)

2. Redupkan Blacklight

Biasanya saat kita menghidupkan peralatan baru, seringkali level cahaya backlight disetting di angka 70 persen. Nah, beberapa orang akan mengubah setting sehingga level cahaya menjadi 100 persen. Tapi tindakan ini akan memboroskan baterai. Bila Anda ingin menghemat baterai, redupkan tingkat cahaya BlackBerry Anda.

Untuk mengubah tingkat cahaya:

-Buka Options-Display-Screen Display

-Scroll ke Blacklight Brightness dan lalu ubah ke angka 10.

3. Ubah timeout Blacklight

Timeout di sini berarti cahaya di BlackBerry akan meredup setelah beberapa saat. Bila kita mengatur timeout dalam waktu yang lebih singkat, maka hal ini akan mencegah layar menyala secara sia-sia setelah kita selesai melakukan sesuatu dengan BlackBerry kita. Dalam kebanyakan kasus, kita tidak perlu membuat layar menyala sekitar 2 menit atau bahkan 1 menit.

Untuk mengubah Timeout Backlight:

– Kunjungi Options-Display-Screen Display

Scroll ke Backlight Timeout dan ubah ke 20 detik.

4. Matikan Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah fitur smartphone BlackBerry yang hebat. Fitur ini membuat kita terkoneksi dengan alat-alat seperti headset, komputer, speaker dan dll. Akan tetapi, saat kita tidak menggunakannya, Bluetooth akan aktif mencari alat-alat di atas dan membuang energi baterai Anda. Jadi supaya usia baterai kita lebih panjang, kita sebaiknya mematikan bluetooth kita bila tidak menggunakannya.

Mematikan Bluetooth:

-Klik area Network Settings di home screen.

-Hilangkah centang Bluetooth.

5. Pilih koneksi yang lebih lambat

Hal ini jarang dipikirkan oleh banyak orang tapi bisa menghemat baterai kita. Pilihlah jaringan koneksi Internet yang lebih rendah untuk menghemat baterai terutama bila Anda di wilayah di mana sinyal Internet lemah. Ubah jaringan data 3G ke 2G.

Cara mengubah jaringan:

-Klik pada area Network Setting di home screen.

-Pilih Network and Connections- Mobile Network

-Pilih kotak dropdown di samping Network Mode dan pilih 2G.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge