0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pegawai Telkom Gadungan Tertangkap Nyolong Kabel

Tersangka pencuri kabel telepon diamankan di Kantor Polisi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dua pekerja Telkom gadungan berhasil diamankan pihak berwajib Mapolsek Mojosongo, Boyolali, Senin (21/10) siang, di Jalan Boyolali – Klaten, teparnya di Dukuh Jomboran, Desa Kemiri, Mojosongo. Keduanya tertangkap basah sedang mencuri kabel telepon jaringan rumah sepanjang 2000 meter. Kabel tersebut diperoleh dari 14 tiang telepon di jalur tersebut.

Informasi yang dihimpun Timlo.net menyebutkan, pencurian kabel telepon yang diotaki Prayitno (40) warga Sraten, Gatak, Sukoharjo, bersama temanya, Yuli Sarwanto ( 23), warga Rejoso, Sambon, Banyudono, telah melakukan pencurian kabel di lima lokasi berbeda. Di wilayah Mojosongo 1 lokasi, Sawit 2 lokasi dan Banyudono 2 lokasi. Namun petugas masih terus melakukan pengembangan karena dimungkinkan lokasi bertambah.

Tersangka, Prayitno, yang mengaku sebagai mantan pegawai PT Telkom Solo ini, kepada petugas mengatakan, mencuri kabel telepon tersebut untuk dijual. Uang hasil penjualan dibagi berdua dan rencananya akan digunakan untuk ongkos bekerja di Yogjakarta. Kabel yang berhasil dicuri di jual ke Tumang dengan harga Rp 18.000 perkilogramnya.

“Saya jual di Tumang, habis Lebaran saya mulai mencuri, saya susuri tiang-tiang listrik yang menjadi sasaran,” ujar Prayitno.

Lucunya lagi, warga yang semula mengira kedua tersangka adalah pegawai Telkom karena menggunakan seragam speedy saat melakukan aksinya, sempat membantu mencarikan tangga. Aksi keduanya terbongkar, setelah ada warga yang curiga dengan aktivitas tersangka di hari minggu. Aksi keduanya kemudian dilaporkan ke salah satu petugas Telkom dan setelah dicek ternyata gadungan.

Tersangka kini diamankan di Mapolsek Mojosongo dan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge