0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Friendship Culture 2010 Tampil di SMKI

Seniman Jepang Pukau Penonton Malam Nemlikuran

Solo – Langen Beksan Nemlikuran kedatangan tamu dari Jepang. 4 penyaji asal Negara Sakura tampil dalam event budaya yang digelar tiap tanggal 26 di pendapa SMKI Surakarta. Diantaranya, Dewandaru Company Dance yang menyajikan tarian Srimpi, Tarian Kontemporer oleh Keiko Nakano, Tarian Afro Brazilian oleh Natsuki Hayashi, dan terakhir adalah pertunjukan Hachijo-Daiko yang dimainkan oleh Shido Mizuno, Isoko Mizuno, Fumi Sakugi, Yosuke Arai, Misato Okuyama.

Kehadiran para seniman dari Jepang menjadi warna tersendiri dalam  penyelenggaraan event bulanan Malam Nemlilkuran,  setidaknya sebanyak 16 seniman Jepang tampil dalam gelaran event bulanan tersebut. Menurut Rianto, pimpinan rombongan seniman Jepang, mengatakan keberadaan para seniman jepang di SMKI dengan menyajikan karya-karya mereka dan penampilan kesenian tradisinya ditujukan untuk mensosialisasikan keberadaan mereka.

“Yang jelas, agar masyarakat khususnya para pelajar tahu bahwa ternyata Jepang memiliki banyak kesenian yang unik dan masih asli. Selain itu juga dalam rangka menunjukkan keberadaan penari-penari Jepang yang mahir menarikan tarian jawa,” paparnya kepada Timlo.net usai penyelenggaraan event malam nemlikuran.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKI, Suratno S.Pd, M.Pd, dalam pidato sambutannya mengatakan kebanggaanya karena pada penyelenggaraan event malam Nemlikuran juga diisi oleh para seniman dari Jepang. “Terus terang saya sangat mengapresiasi keberadaan mereka dan tentu saja merasa bangga sekali karena mereka sudah sudi tampil di acara malam Nemlikuran,” ujarnya.

Penampilan para Seniman Jepang di malam Nemlikuran berhasil menghipnotis ratusan penonton yang memadati pendapa SMKI sejak pukul 19.00 WIB. Salah satunya Ika, siswi SMKI yang cukup antusias dan semangat melihat pertunjukan mereka.  

Kepada portal ini, Ika mengatakan sangat salut dengan penampilan yang ditujukan para seniman Jepang tersebut. “Semua penampil asal Jepang sangat luar biasa apalagi ketika melihat sekelompok penari asal Jepang yang menarikan tarian tradisi jawa dengan sangat indah,” terangnya.

Ditanya soal penampilan Hachijo-Daiko, gadis ini sangat antusias. “Saya dengar ini sajian yang paling spektakuler. Dan tadi ketika melihat memang sangat luar biasa. Baru kali ini melihat alat musickseperti itu. Apalagi cara memainkannya yang sedikit unik. Saya harap mereka mau tampil disini lagi dan mau mengajari saya cara memainkannya,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge