0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKS Gulirkan Gerakan Keluarga Menanam

Sanseivera common, salah satu jenis tanaman hias lidah mertua (dok.timlo.net/aris arianto)

Solo — Pos Wanita Keadilan (PWK) Bidang Perempuan (Bidpuan) Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Solo menggulirkan Gerakan Keluarga Menanam. Acara ini diisi dengan “Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga” yang dilaksanakan Minggu (21/10) di Sekretariat PWK Cabang Gulon, Jebres.

Ketua Bidpuan DPD PKS Solo, Hastati Pamiluwati menyampaikan tujuan gerakan ini adalah untuk menciptakan lingkungan hijau sekaligus bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat secara luas di wilayah perkotaan Surakarta. “Besar harapan kami untuk nantinya gerakan keluarga menanam ini mampu menjadikan ibu-ibu sebagai pelopor di keluarga untuk membina dan membiasakan keluarganya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hijau melalui menanam tanaman di pekarangan rumah,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Timlo.net, Minggu (21/10).

Disampaikannya, pelatihan ini sebagai simulasi agar nantinya setiap keluarga bisa melakukan penanaman tanaman obat-obatan keluarga secara mandiri di rumah dan menularkan ilmunya ke masyarakat sekitar. “Apabila bisa berjalan secara mandiri setidaknya kebutuhan obat-obatan melalui tanaman obat keluarga (toga) bisa terpenuhi. Bahkan apabila mau dikembangkan lebih lanjut untuk diproduksi secara ekonomis, toga yang ditanam bisa dijual sehingga dapat menambah income keluarga,” jelasnya.

Sementara, Ketua Panitia Kegiatan, Novitasari menuturkan acara yang diikuti sebanyak 30 orang perwakilan PWK se-Surakarta ini diisi dengan materi sekaligus simulasi menanam obat keluarga. “Materi dan praktek dipandu oleh Aliful Adhim, beserta tim Persatuan Petani dan Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI) Cabang Surakarta,” ujarnya.

Ditambahkan, tema dari materi yang disampaikan adalah pemanfaatan lahan sempit di sekitar pekarangan rumah. “Peserta akan dilatih memanfaatkan lahan yang sempit, karena pekarangan di perkotaan yang sangat terbatas tetapi bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk penanaman tanaman obat keluarga,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge