0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seribu Rusa Bakal Menari di Balekambang

Taman Balekambang (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo —  Taman Balekambang Solo bakal merayakan ulang tahunnya yang ke-91. Uniknya, ulang tahun taman wisata alam itu bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Guna memeriahkan ulang tahunnya itu, Taman Balekambang akan menggelar pasar seni.

Ditemui di Gedung DPRD Solo, belum lama ini, Kepala UPTD Kawasan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo (dulu UPTD Balekambang –Red), Endang Sri Murniyati mengatakan, Pasar Seni Balekambang akan diselenggarakan selama empat hari, yakni Kamis-Minggu, 25-28 Oktober 2012.

Pasar seni itu rencananya akan diisi dengan sejumlah atraksi kesenian. Tak ketinggalan, Sendratari Ken Arok juga akan meramaikan rangkaian acara yang digelar di Taman Balekambang  itu.

Selain itu, pihaknya juga akan menyelenggarakan workshop pembuatan gerabah, kerajinan keris, cara membuat tatah sungging wayang, pembuatan blangkon, dan sebagainya. Tak hanya itu, juga ada pentas tari seribu rusa, yang dimainkan oleh seribuan anak-anak dari berbagai sekolah. “Mereka akan menari bersama, dengan tema tarian rusa. Sebab ikon Taman Balekambang adalah rusa yang hidup bebas di taman,” kata Endang.

Ditambahkan Endang, pasar seni itu juga bertujuan untuk mengenalkan potensi budaya yang dimiliki Kota Solo. Oleh karena itu, mayoritas pengisi acara Pasar Seni dari kelompok budaya dan kesenian yang ada di kota Bengawan.

Dengan adanya pasar seni itu, pihaknya berharap  bisa mendongkrak citra Taman Balekambang sebagai ruang terbuka hijau yang nyaman untuk dikunjungi masyarakat. Meski pihaknya mengaku jika tingkat kunjungan warga ke taman saat ini sudah cukup tinggi, namun pengelola terus melakukan promosi.

Data UPTD Kawasan Wisata Disbudpar mencatat kunjungan masyarakat ke taman bisa mencapai seribu sampai 1.500 orang per hari. Kebanyakan dari rombongan sekolah, yang menggelar acara di taman. Hal itu sudah cukup bagus, dibandingkan dulu waktu taman belum dibenahi. Sehari kadang tidak sampai 50 orang yang berkunjung,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge