0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bakso Buntut Kecap, Kenyal-kenyal, Kuahnya Beraroma Rempah

Bakso buntut kecapkhas Giriwoyo. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri —  Ini dia, menu kuliner yang beda dan khas dari Wonogiri. Bakso Buntut Kecap, demikian orang biasa menamainya. Disebut-sebut sajian ini merupakan jawaban atas monotonnya suguhan bakso yang selama ini hanya begitu-begitu saja.

Bakso Buntut Kecap terdiri atas racikan bakso urat ditambah daging dan tulang lunak dari buntut (ekor) sapi, yang dilengkapi sambal kecap. Yang membedakan lagi dengan bakso lain, kuahnya berwarna bening yang beraroma khas rempah-rempah. Jenis kuliner satu ini bisa didapatkan di beberapa warung bakso maupun warung sop di daerah Dringo, Giriwoyo. Lokasi tepatnya di Jalan Giriwoyo-Pracimantoro kilometer 5. Hanya sebagai saran, jika hendak mencicipinya di hari Minggu atau hari libur lain, usahakan datang pada pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB. Pasalnya di atas jam itu, pengunjung akan membludak.

Ratnawati (38), ibu muda asal Donorojo, Pacitan, Jatim ketika dijumpai di salah satu warung sop di Dringo mengaku selalu menyempatkan diri mampir menikmati sajian Bakso Buntut Kecap. Terutama ketika mengambil barang dagangan di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

“Kalau saya biasanya minta dilengkapi dengan sepiring nasi, Mas, biar kenyang, jadi sekalian sarapan plus makan siang,” jelas Ratnawati, Minggu (21/10).

Pembeli lainnya, Sri Lestari (40) bertutur, Bakso Buntut Kecap cocok dinikmati penyuka bakso yang bosan dengan rasa yang selama ini ada di pasaran. “Aroma rempahnya kuat, rebusan buntutnya empuk, dan sambal kecapnya juga pas pedasnya, terus bakso uratnya juga kenyal,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge