0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Someone Like You versi Klenengan

UKM Wismakarman di Kampoeng Ponorogo, Sabtu (20/10) malam. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wiswakarman dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS menghiasi acara Kampoeng Ponorogo 2012 di Komplek Pasar Triwindu Ngarsopuro, Solo, Sabtu (20/10). Dalam penampilannya tersebut, mereka menghadirkan lagu-lagu bernada diatonis yang diolah ke dalam alat musik Jawa seperti Gamelan, Saron, Kenong, dan Gong.

Lagu-lagu seperti Someone Like You, ABG Tua, dan Anoman Obong membuat penonton tertarik melihat aksi mereka. Kelompok yang semuanya anggotanya masih Mahasiswa tersebut lihai dalam memainkan suasana. Tidak hanya alunan musik, aksi lucu dan guyonan-guyonan segar juga menghiasi penampilannya.

Ketua Umum Wiswakarman FSSR, Muchlis mengatakan, permainan alat musik Jawa yang biasanya menggunakan nada pentatonis dimodifikasi menjadi nada diatonis. Sehingga tidak mustahil untuk membawakan musik-musik yang menggunakan nada diatonis untuk diusung kedalam alat musik Jawa tersebut. “Alat musik Jawa tersebut telah dimodifikasi kedalam nada diatonis,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, lagu-lagu yang diangkatnya dalam pementasan tersebut untuk merangkul para anak-anak muda yqng biasanya menyukai aliran pop dan lagu-lagu barat yang kebanyakan nada diatonis agar menyukai alat musik Jawa. Sehingga alat musik yang hanya diminati sedikit oleh anak muda tersebut bisa lebih dicintai. “Kami juga memadukan musik-musik beraliran pop, rock, dangdut kedalam alat musik ini agar mereka para anak muda tahu bahwa alat musik Jawa yang identik dengan nada pelog dan slendro (pentatonis) ternyata juga bisa memainkan nada-nada diatonis,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge