0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beli Indonesia, Lepas Cengkeraman Asing

President Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), Heppy Trenggono (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Dominasi asing di Indonesia tak dapat dipungkiri telah merambah ke berbagai sektor. Menyikapi hal tersebut, sejumlah kalanganpun mulai getol menyerukan ‘Beli Indonesia’ guna melepaskan bangsa ini dari cengkeraman kekuatan asing.

Di hadapan media, President Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), Heppy Trenggono, menyatakan saat ini dominasi asing di Indonesia hadir dalam empat bentuk. Selain penguasaan atas sumberdaya alam dan bahan-bahan mentah, sejumlah negara besar juga menjadikan negara ini sebagai pasar sekaligus mengembangkan kapitalisme.

“Bangsa-bangsa asing itu, mereka mengeluarkan bahan-bahan mentah kita ke luar negeri. Kita lihat kayu-kayu di Indonesia itu semua lari ke negeri Cina. Di samping itu, mereka juga menjadikan Indonesia sebagai pasar,” ujarnya, di sela-sela acara workshop bertajuk ‘Strategi Membangun Bisnis dan Kekayaan Tanpa Riba’, di Grha Soloraya, Sabtu (20/10).

Oleh sebab itu, guna membebaskan negara dari dominasi asing diperlukan edukasi terkait karakter bangsa. Heppy Trenggono menyebut, edukasi yang bisa dilakukan di antaranya melalui pengenalan atas produk-produk asing.

“Jadi Gerakan Beli Indonesia sebenarnya adalah gerakan membangkitkan jati diri, keyakinan dan pembelaan terhadap produk Indonesia. Itulah yang ingin dilakukan oleh Beli Indonesia,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge