0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Hujan, Lereng Merapi-Merbabu Terancam Longsor

Bnecana tamah longsor mengancam warga lereng Gunung Merapi-Merbabu (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Memasuki musim penghujan sejumlah wilayah di Boyolali, terutama di lereng Gunung Merapi-Merbabu diminta untuk mewaspadai bahaya tanah longsor. Kondisi ini selain dipengaruhi curah hujan yang tinggi juga dipengaruhi kondisi tanah yang mudah longsor. Masyarakat di daerah rawan bahaya diminta selalu waspada.

Himbauan tersebut diungkapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BKBD Boyolali, mengantisipasi terjadinya tanah longsor. Dijelaskan Kepala BKBD, Hasanudin, daerah rawan longsor berada di wilayah pegunungan Merapi-Merbabu. Ancaman longsor juga perlu diwaspadai di sepanjang jalur Cepogo-Selo hingga perbataan wilayah Kabupaten Magelang. Musibah longsor di jalur tersebut, menurut Hasanudin, setiap tahun pasti terjadi. Hal ini dipengaruhi tekstur tanah yang mudah longsor.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan perangkat desa se Kecamatan Selo dan Cepogo, biar nanti kalau ada longsor cepat-cepat dibersihkan, karena biasanya longsoran ini mengakibatkan jalan tertutup,” ungkap Hasanudin, Sabtu (20/10).

Selain melakukan koordinasi, BKBD juga menyiapkan satu alat berat Back hoe bila sewaktu-waktu terjadi longsor dan secara manual tidak bisa membersihkan longsoran.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge