0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Desain Mobil Esemka Khusus Buat Jokowi

mobil Esemka (timlo.net - dhefi)

Solo —  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan komitmennya untuk menggunakan Mobil Esemka sebagai mobil dinasnya. Produsen mobil Tanah Air tersebut dituntut untuk membuat desain yang tepat agar Jokowi bisa lebih nyaman berada di dalam mobil saat menjalani aktivitasnya.

Desain mobil itu nantinya harus disesuaikan dengan aktivitas Jokowi yang serba padat. “Nanti tempat duduknya cuma diisi dengan empat sheet saja. Di bagian belakang bisa leluasa diisi dengan barang-barang,” kata Direktur Pengembangan dan Operasional Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono kepada wartawan, Jumat (19/10).

Hal tersebut dapat dimaklumi, sebab pada saat menjabat sebagai Walikota Solo kemarin, bagasi belakang mobil dinas Jokowi selalu penuh dengan berbagai barang, seperti beras dan sejumlah barang lain. Biasanya, manakala Jokowi pergi ke suatu wilayah di perkampungan penduduk, tak jarang dirinya selalu membagi-bagikan beras pada rakyat kurang mampu. Dengan desain yang sedemikian rupa, diharapkan Mobil Esemka Rajawali milik Jokowi tersebut bisa lebih nyaman.

Perombakan lainnya, kapasitas mesin pada mobil jenis Sport Utillity Vehicle tersebut dinaikkan dari 1500 cc menjadi 2200 cc. Alasannya, dengan kinerja mesin lebih tinggi, bisa mengimbangi aktivitas Jokowi yang tinggi pula.

Gampang juga menuturkan, Esemka rancangan khusus tersebut akan dibuat sebanyak 66 unit yang akan digunakan sebagai mobil dinas Gubernur dan Wakil Gubernur di Indonesia.

Untuk interior mobil, PT Solo Manufaktur Kreasi selaku principal produk Esemka akan mendesain secara khusus. Seperti yang dikatakan oleh salah satu tim teknis Esemka, Dwi Budi Martono, mobil tersebut akan dibuat lebih elegan. “Interior dibuat lebih elegan. Tak lupa juga akan dipasangi sunroof pada bagian atap mobil,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge