0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur Serahkan 5000 Sertifikat Tanah

Bibit Waluyo: Ojo Disekolahke Sertifikate!

Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo bagikan 5 ribu sertifikat tanah milik warga Boyolali, Jumat (19/10). (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyerahkan sertifikat Proyek Nasional Agraria (Prona ) di Pendopo Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jumat (19/10) siang. Dalam kesempatan tersebut, gubernur mengingatkan agar pemilik tanah tidak menyekolahkan sertifikatnya di bank.

Ojo disekolahke sertifikate,” ujar Gubernur disambut tawa hadirin.

Hanya saja bila memang ingin digadaikan, warga diminta tetap berhati- hati. Jangan sampai sertifikat digadaikan untuk tujuan tidak produktif karena akan merugikan pemilik tanah. Pasalnya, uang hasil gadai akan musnah dalam sekejap dan tanah maupun sertifikat bias berpindah tangan akibat pemiliknya tak bisa menebus.

Menurut Gubernur, sertifikat yang selesai baru 5000 lembar. Padahal, jumlah keseluruhan sertifikat prona yang diproses di Kabupaten Boyolali sebanyak 10.000 lembar. Masyarakat diminta tidak khawatir karena kekurangannya masih dalam proses. Gubernur berjanji akhir tahun akan selesai sisanya. Untuk total di Jateng sendiri sebanyak 90.000 lembar.

Gubernur juga meminta seluruh masyarakat agar memanfaatkan tanah yang dimiliki untuk kegiatan produktif. Bila berupa tanah pekarangan bisa ditanami pohon yang bermanfaat seperti mangga, petani, pohon jatidan aneka buah- buahan lainnya. Bisa pula ditanami umbia-umbian. Tanaman seperti garut, ganyong, gembili juga bisa ditanam di ladang.

Selain penyerahan sertifikat juga diserahkan dana bantuan sosial Bank Jateng. Penyerahan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank Jateng, Hariyono. Bantuan diserahkan kepada Kelompok Tani Lele Minasari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono sebesar Rp 486,1 juta. Bantuan juga diserahkan kepada Kelompok Tani Desa Pododadi, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan sebesar Rp 999,4 juta.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge