0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Peripih Ditemukan di Candi Sojiwan

Lima peripih ditemukan di Candi Sojiwan, Klaten, Jumat (19/10). (Dok.Timlo.net/ Indratno Eprilianto)

Klaten – Petugas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah menemukan lima peripih saat melakukan pemugaran Candi Sojiwan di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten. Benda itu ditemukan di perwara stupa deret dua di sisi utara candi utama.

Petugas Bagian Publikasi BP3 Jateng, Iwuk Trikiswati, mengatakan benda purbakala tersebut ditemukan pada 12 Oktober 2012 saat petugas melakukan penggalian sedalam sekitar dua meter. Benda itu ditemukan di perwara stupa deret dua di sisi utara candi utama.

“Benda purbakala itu kini masih tersimpan di rumah induk yang sengaja dibangun di dekat candi,” ujar Iwuk saat dihubungi wartawan, Jumat (19/10).

Iwuk menjelaskan, saat pertama ditemukan, tiga peripih masih dalam keadaan tertutup dan dua peripih lainnya sudah terbuka. Namun setelah dapat dibuka seluruhnya, kelima peripih tersebut dalam keadaan kosong dan isinya sudah raib. Ada dugaan isi peripih telah dicuri sejak zaman Belanda.

“Biasanya di dalam peripih terdapat emas, biji bijian zaman dahulu atau manik-manik. Namun kelima peripih itu sudah tidak ada isinya. Indikasi kuat isinya telah dicuri karena tanah di sekitar terpendamnya peripih telah gembur,” jelas Iwuk.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge