0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan ke Bandara Diusulkan Jadi Jalan Provinsi

Jalan ini diusulkan jadi jalan provinsi (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Besarnya biaya perawatan di jalan sekitar Bandara Adi Sumarmo yang tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh ke Kas Daerah, membuat jalan tersebut diusulkan menjadi jalan nasional atau jalan provinsi. Usulan ini setiap tahun sudah dilontarkan ke provinsi namun hingga kini tidak mendapat respons.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Boyolali, Agung Supardi mengatakan, usulan kenaikan status jalan tersebut sudah diusulkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral Boyolali baik ke provinsi maupun pusat, namun hingga kini belum mendapat respons. Padahal, Pemkab Boyolali tidak mungkin akan terus menggelontorkan anggaran untuk biaya perawatan jalan tersebut.

“Itu pendapatanya kan sangat minim, padahal ada bandara dan embarkasi haji yang setiap tahun ramai, kalau itu jalan dinaikan statusnya menjadi jalur nasional atau provinsi kan bisa diperlebar dan tidak rusak-rusak,” ungkap Agung Supardi, Jumat (19/10).

Selama menjadi jalan kabupaten, dirasakan kurang memberikan kontribusi yang memadai. Kontribusi yang didapat Pemkab Boyolali selama ini dari sektor parkir sebesar Rp 10 juta. Kontribusi tersebut sangat minim dibandingkan dengan biaya perawatan jalan. Sementara tahun ini, Pemkab Boyolali menganggarkan dana Rp 1 miliar untuk peningkatan jalan.

“Logikanya, kalau status jalan tersebut menjadi jalur nasional atau provinsi, maka beban daerah untuk perawatan akan berkurang,jalan pasti akan lebih diperlebar,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge