0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

APK PAUD Wonogiri Masih di Bawah Standar Nasional

Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Meski dikatakan telah mengalami peningkatan, nyatanya APK PAUD (Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini) di Wonogiri masih berada di bawah rata-rata standar nasional. Untuk nasional, APK PAUD mencapai 45 persen, sedangkan di Wonogiri baru 27 persen.

Data di Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, tahun 2011 APK PAUD berada pada prosentase 8,68. Sementara hingga akhir September tahun ini (2012) berada di 27 persen dari jumlah 96.605 anak usia PAUD. Masih sangat jauh dari target nasional.

“Memang masih jauh dari rata-rata nasional, dan tidak kami tutupi hal tersebut, tapi perlu dicatat kami tidak lantas nglokro, kami terus berupaya keras,” kata Kepala Disdik Wonogiri, Siswanto di ruangannya, Jumat (19/10). Pernyataan tersebut menjawab pertanyaan soal evaluasi pelaksanaan Field Based Trainning pengelola PAUD belum lama ini.

Salah satu upaya itu, lanjut Siswanto, dapat dilihat dari adanya peningkatan APK PAUD Wonogiri sebesar 18 persen, yakni dari 8,68 % meningkat menjadi 27 %. “Peningkatan ini menunjukkan adanya kesadaran yang sudah kian besar dari kalangan orangtua untuk memasukkan anaknya yang berusia di bawah 6 tahuan atau pra TK ke jenjang PAUD. Ini patut diapresiasi sebagai campuk mencapai standar nasional,” jelasnya.

Terpisah, Kasie PAUD di Bidang PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) Disdik Wonogiri, Endang Sunarmi menganggap Field Based Trainning merupakan langkah manjur memuluskan jalan pada pencapaian APK sesuai standar nasional. Dari kegiatan itulah akan semakin terasah profesionalisme kalangan pengelola PAUD.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge