0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kulit Kering? Berikut Tips Menggunakan Pelembab!

(Ilustrasi) Teratur mencuci muka penting untuk mengatasi jerawat. (Dok:Timlo.net/dreamcaremedical.com)

Timlo.net — Saat kita membicarakan hal yang harus kita lakukan, melembabkan kulit adalah hal kedua yang harus kita lakukan setelah sikat gigi. Tapi kenapa hal ini sangat penting?

“Melembabkan kulit membuat kulit terlihat lebih segar dan lebih basah,” kata D’Anne Kleinsmith, MD, seorang ahli dermatologi dari West Bloomfield, Michigan, Amerika Serikat (AS).

Melembabkan kulit ibarat memasukan kismis ke dalam air, segera setelah anggur kering tersebut menyerap air maka kismis terlihat mengembang dan lebih baik.

Selain itu lotion dan krim juga merupakan kunci kulit yang sehat. Dua produk kecantikan ini melindungi organ tubuh terbesar kita ini dari hal-hal yang merampas kelembaban yaitu angin dan panas serta serangan lain.  “Pelembab meningkatkan kandungan air dalam kulit dan memperbaiki pembatas kulit,” terang Jeannette Graf, MD, seorang ahli dermatologi dari Great Neck, New York.

Berikut empat tips untuk menggunakan pelembab seperti dilansir dari health.com:

Melembabkan setelah mencuci wajah

“Waktu terbaik untuk menggunakan pelembab adalah tepat setelah kita mencuci wajah yaitu saat kulit kita lembab, jadi Anda bisa menyimpan kelembaban di permukaan kulit,” kata Karen Kim, MD, seorang ahli dermatologi di Chestnut Hill, Massachusetts. Boleh-boleh saja bila kita mengoleskan pelembab di sela-sela mencuci wajah. “Seperti saat kita menggunakan balsem bibir pada bibir kering. Bahkan melembabkan kulit saat kulit tidak basah akan tetap membuat kulit terlihat dan terasa lebih baik,” kata Dr. Kleinsmith.

Oleskan dengan tangan bersih

Pastikan telapak tangan dan jari-jari kita bersih sebelum mengoleskan pelembab untuk mencegah kotoran dan bakteri perusak mengiritasi wajah kita kita. Berikutnya, oleskan dan tepuk sedikit pelembab di pipi, kening, dagu dan hidung.

Biarkan meresap

Biarkan pelembab berada di kulit paling tidak dua menit untuk mengering dan merasuk ke kulit sebelum kalian memakai make up.

Tahu penggunaan pelembab yang cukup

“Saat kulit Anda sudah cukup lembab, maka kulit Anda akan terasa basah dan kenyal,” kata Dr.Graf. Tapi jika kulit Anda nampak bercahaya, maka itu berarti kulit Anda bukannya lembab tapi berminyak. Jika kulit Anda terlihat membosankan, pucat, atau memudar maka itu berarti Anda perlu menambahkan lebih banyak pelembab.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge