0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Tawarkan Netbook Samsung Chromebook Baru

Samsung Chromebook baru. (Dok:Timlo.net/Google Images)

Timlo.net — Pada hari Kamis (18/10), Google mengumumkan sebuah komputer Samsung Chromebook baru dengan layar 11,6 inci dan dijual dengan harga $249 (Rp2,3 juta) yang menggunakan Chrome OS.

Komputer dengan gaya clamshell  ini dilengkapi dengan keyboard Chrome, bobot keseluruhan sekitar 1,1 kg dan sebuah prosesor Samsung Exynos dual-core. Para ahli menyebut komputer ini sebagai sebuah netbook alih-alih sebuah laptop.

Hal ini dikarenakan fungsi Samsung Chromebook baru ini yang seperti fungsi dasar netbook yang berfokus pada melakukan browsing Internet dan mengakses aplikasi dan data dengan teknologi cloud computing (komputasi awan) daripada mengakses aplikasi-aplikasi secara offline. Samsung Chromebook anyar ini akan dijual dengan koneksi Wi-Fi saja.

Peluncuran netbook Google baru ini mendapat reaksi negatif para analis. Salah satunya adalah, Jack Gold, analis dari J. Gold Associates: “Saya tidak melihat manfaat dari membeli sebuah Chromebook. Netbook ini pada dasarnya adalah sebuah netbook dengan OS berbasis Web. Jadi kenapa kita tidak membeli sebuah peralatan Android saja dan kita bisa menggunakan banyak aplikasi?”

Dilansir dari computerworld.com, Gold mengatakan bahwa seorang pembeli yang sadar harga mungkin menganggap bahwa sebuah Chromebook seharga Rp2,3 juta sebagai sesuatu yang menarik. “Tapi kita bisa mendapatkan sebuah laptop yang menggunakan Windows hanya dengan menambah uang sekitar $100 (Rp 950 ribu). Dan itu pilihan yang lebih baik,” tambah Gold.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge