0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

50 Koki Rame-rame Lomba Masak di Pasar Cokro

Festival kuliner di Pasar Cokro Kembang (dok.timlo.net/endratno eprilianto)

Klaten — Sebanyak 50 peserta ikut memeriahkan festival kuliner di Pasar Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Kamis (18/10). Dalam lomba masak itu bahan dasar yang digunakan adalah kedelai.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM), Sugiharjo Sapto Aji, mengatakan festival kuliner ini merupakan kerjasama antara Pemkab Klaten dengan Disperindag Provinsi Jawa Tengah. Festival kuliner ini diikuti 50-an peserta dari empat kecamatan seperti Kecamatan Tulung, Karanganom, Polanharjo dan Jatinom.

“Festival kuliner ini yang ke tiga kalinya setelah kegiatan yang sama sukses digelar di Pasar Cokro Kembang beberapa waktu lalu,” ujar Sapto Aji saat ditemui di sela kegiatannya di Pasar Cokro Kembang, Kamis (18/10).

Sapto Aji mengatakan, tujuan dari festival kuliner ini untuk mengenalkan lebih dekat kuliner Klaten, khususnya di pasar percontohan tersebut. Dengan demikian diharapkan bisa menarik pengunjung baik dari Klaten maupun luar daerah.

“Kegiatan seperti ini akan terus digelar untuk kedepannya. Sehingga diharapkan mampu mengenalkan embrio bahwa Pasar Cokro Kembang merupakan pusatnya kuliner. Sebab hampir setiap bulan pasar ini selalu dikunjungi untuk studi banding dari berbagai daerah,” kata Sapto Aji.

Lurah Pasar Cokro Kembang, Suherman, menambahkan festival kuliner yang ke tiga ini para peserta diwajibkan memasak jajanan atau kudapan dengan menggunakan bahan dasar kedelai. Dalam lomba ini peserta bebas mengekspresikan olahan yang diinginkan.

“Harga bahan dasar kedelai yang digunakan itu syaratnya tidak lebih dari Rp 25 ribu dan hasil olahan nantinya bisa dijual bebas ke pengunjung. Sedangkan untuk penilaian diambil dari beberapa kriteria yakni tampilan, kreasi dan penyajian. Pemenang mendapatkan hadiah berupa piala dan sejumlah uang pembinaan,” jelas Suherman.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge