0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hati-hati! Bad Piggies Palsu Pembobol Pulsa Beredar

Bad Piggies, game sempalan dari Angry Bird. (Dok:Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net —  Ternyata beberapa pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan versi palsu dari sempalan game populer Angry Bird, Bad Piggies. Setelah sebelumnya laporan-laporan Bad Piggies yang mengandung virus di Google Web Store beredar, sekarang beredar Bad Piggies palsu lewat situs-situs berdomain Rusia (.ru) yang bila didownload akan menginstall sebuah aplikasi jahat perusak smartphone Anda .

Menurut laporan salah satu produser antivirus ternama, Trend Micro di blog resmi mereka pada hari Selasa (15/10), telah ditemukan sedikitnya 48 situs yang menyebarkan game Bad Piggies yang diperuntukkan untuk berbagai smartphone Android.

Saat para pengunjung yang tertipu mendownload dan menginstall game palsu ini, maka sebuah virus ANDROIDOS_FAKEINST.A akan terinstall dan mengirim beberapa pesan SMS ke nomor-nomor tertentu tanpa sepengetahuan para pengguna. Dan tentunya tindakan ini akan memotong pulsa para pengguna tersebut.

Menurut ahli keamanan ponsel, Bob Pan, virus ANDROIDOS_FAKEINST.A ini bisa menyembunyikan diri serta kodenya sehingga susah dianalisa. Hal lain yang lebih mengejutkan, game palsu ini akan menampilkan shortcut URL  yang bila diklik akan membuka browser di smartphone Android ke halaman palsu yang menawarkan update browser. Padahal bila sang pengguna mendownload update ini sebenarnya dia menginstall virus JAVA_SMSSEND.AB yang lagi-lagi akan mengirim SMS ke nomor-nomor tertentu yang mencuri pulsa sang pengguna.

Untuk menghindari  penipuan ini, disarankan untuk mendownload game Bad Piggies di situs resmi dan di Google Web Store. Jangan lupa untuk meningkatkan fitur keamanan dalam smartphone Android Anda.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge