0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Imron: Penyusunan Raperda Terkendala

Banyak Pejabat Pemkab Wonogiri Pensiun

Imron Supandi, Kabag Hukum Setda Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Penyusunan Legal Drafting (pembentukan peraturan perundangan) di Wonogiri masih saja terbentur kendala, yakni banyaknya pejabat yang pensiun.

Kebanyakan pejabat yang pensiun justru pada posisi strategis dalam penentuan Legal Drafting. Seperti Kabid (kepala bidang) maupun Kasie (kepala seksi).

“Banyak Kabid atau Kasie yang pensiun, padahal mereka sangat menentukan dalam proses legal drafting, sebab dari tangan merekalah poin-poin penting pada pokok-pokok ajuan penyusunan peraturan perundangan seperti Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) dihasilkan,” terang Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Wonogiri, Imron Supandi di ruangannya, Kamis (18/10).

Dijelaskan, ketika mereka pensiun otomatis harus ada pemberian pemahaman kembali kepada pejabat yang menggantikan. Di satu sisi langkah ini terkadang tidak mudah dilaksanakan. Mengingat keterbatasan waktu demi mengejar pembuatan Raperda.

“Tapi karena ada regulasi (Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan –Red), maka meskipun terbatas waktu tetap harus kita adakan pemahaman ke pejabat baru, misalnya melalui Bintek (Bimbingan Teknis),” pungkas Imron.

 



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge