0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Cuaca Ekstrim, BMKG Terapkan Early Warning

Solo – Peringatan dini atau early warning terhadap kemungkinan terjadi bencana alam mulai diintensifkan. Memasuki musim penghujan seperti saat ini, sejumlah kemungkinan terjadinya bencana alam mulai diwaspadai.

Antara pertengahan Oktober sampai dengan awal November tahun ini, diprediksi terjadi cuaca ekstrim yang bisa berdampak pada kemungkinan terjadinya bencana alam. “Pada masa-masa itu yang perlu diwaspadai adalah hujan berdurasi pendek dengan jumlah curah hujan yang besar sangat mungkin terjadi. Disamping itu juga berpotensi terjadi angin kencang,” kata Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Propinsi Jawa Tengah, Tris Adi Sukoco kepada wartawan, Rabu (17/10).

Langkah antisipasi dini yang dilakukan ada beberapa langkah. “Mulai dari prediksi perkiraan cuaca sampai 6 bulan kedepan, pantauan dengan menggunakan radar hujan dan mengoptimalkan layanan short message service (sms) server untuk informasi cuaca,” terangnya.

Untuk pantauan terhadap cuaca ekstrim, pihaknya melakukan update selama 6 jam sekali. Selain itu, warning terhadap kemungkinan terjadi bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrim akan diberikan sekitar 2 jam sebelumnya. “Warning diberikan kepada pejabat terkait untuk segera ditindak lanjuti,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge