0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama Kurun Waktu Lima Tahun

47 Warga Klaten Ngidap HIV, 10 Meninggal Dunia

Ilustrasi: kantong darah (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Sepanjang lima tahun sejak 2007 hingga 2012, ada sebanyak 47 orang warga Klaten mengidap human immunodeficiency virus (HIV). Dari jumlah itu 10 orang diantaranya meninggal dunia.

“Jumlah 47 orang yang menderita HIV itu terhitung sejak 2007 hingga 2012. Sedangkan 10 orang diantaranya sudah meninggal dunia,” ujar Direktur Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klaten, dr Kuswanjana, Rabu (17/10).

Kuswanjana menjelaskan, sepanjang 2011 lalu terdapat satu keluarga yang positif terjangkit HIV. Namun demikian mereka sudah memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin ke klinik terdekat. Sedangkan pada semester pertama tahun 2012 ini jumlah penderita Acquired Immune Deficiency Syndrome (Aids) akibat HIV di Klaten mencapai sembilan orang. Kendati demikian tidak ada yang meninggal dunia.

“Dari hasil pemeriksaan di laboratorium PMI Jawa Tengah, kami juga mememukan tiga kantong darah yang positif mengandung HIV sejak Januari-Oktober 2012 ini. Namun tiga kantong darah itu sudah dimusnahkan,” ujar Kuswanjana.

Kuswanjana menjelaskan, pada dasarnya para penyumbang darah tersebut sebelumnya tidak mengetahui jika terjangkit HIV. Namun setelah teridentifikasi terjangkit maka mereka tidak diterima lagi ketika akan menyumbangkan darahnya ke PMI. Pihaknya mengaku sudah melaporkan warga yang positif terjangkit HIV itu kepada sejumlah rumah sakit.

“Kami berharap warga yang terjangkit HIV tersebut untuk selalu proaktif memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin ke rumah sakit. Hal itu agar segera ditangani secara medis,” kata Kuswanjana.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge